Ulasan Gigabyte M32U: 4K 144Hz 1ms FreeSync IPS Gaming Monitor

Gigabyte M32U adalah monitor gaming 32″ 4K 144Hz berdasarkan panel IPS dengan kecepatan waktu respons 1ms GtG yang cepat dan gamut warna DCI-P3 90% yang lebar.

Ini pada dasarnya adalah monitor yang sama dengan Gigabyte Aorus FI32U, hanya saja tanpa desain premium dan fitur menarik perhatian seperti pencahayaan RGB – dengan harga lebih murah $200, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di ulasan asus pg32uq 4k 144hz freesync ips gaming monitor.

Kualitas gambar

Monitor Gigabyte M32U didasarkan pada panel IPS Innolux yang memberi Anda manfaat standar yang dapat Anda harapkan dari teknologi panel ini, termasuk sudut pandang lebar 178° dan keluaran warna yang akurat.

Gambar tetap sempurna terlepas dari sudut pandang Anda pada layar, sementara warnanya tepat dan konsisten di seluruh layar.

Ini memiliki gamut warna yang lebar, mencakup 90% dari ruang warna DCI-P3, yang setara dengan sekitar 125% sRGB. Jadi, Anda mendapatkan warna yang sedikit lebih jenuh dan kaya. Saat melihat konten sRGB, ini dapat menghasilkan sedikit kejenuhan yang berlebihan, tetapi tidak ada yang berlebihan, hanya sedikit lebih menambah semangat.

Jika Anda menginginkan keluaran sRGB yang lebih akurat, Anda dapat menggunakan mode emulasi sRGB yang disediakan dengan kecerahan yang dapat disesuaikan yang mengurangi gamut hingga ~100% sRGB.

Lebih lanjut, Gigabyte M32U memiliki rasio kontras 1.000:1, yang merupakan standar untuk monitor IPS, sementara kecerahannya mencapai 350-nits untuk SDR dan 400-nits untuk konten HDR.

Layar bisa mendapatkan lebih dari cukup terang dalam kondisi pencahayaan normal, tetapi pengalaman menonton HDR di bawah standar karena monitor tidak memiliki solusi peredupan lokal array penuh yang akan meningkatkan kinerja rasio kontras. Tampilan seperti itu tentu saja lebih mahal, seperti ASUS PG32UQX yang berharga $3.000.

Jadi, meskipun M32U mendukung HDR, Anda tidak boleh membelinya hanya untuk konsumsi konten HDR. Itu memang memiliki beberapa peredupan lokal, tetapi dengan hanya 16 zona, hampir tidak ada peningkatan.

Nilai jual utama Gigabyte M32U adalah panel IPS 144Hz yang cepat dikombinasikan dengan faktor bentuk 32″ 4K dengan harga yang menarik.

Bahkan pada layar M32U yang dapat dilihat 31,5″, resolusi 4K UHD terlihat sangat tajam berkat kerapatan piksel tinggi 140 PPI (piksel per inci). Anda mendapatkan banyak ruang layar serta detail dan teks yang tajam tanpa perlu penskalaan atau sedikit (~125%).

Sebagai perbandingan, resolusi 1440p pada layar 32″ memiliki kerapatan piksel 93 PPI yang agak biasa-biasa saja, sama dengan monitor 24″ 1080p. Pada monitor 27″, 1440p tampak hebat dengan 108 PPI – jadi, sebagian besar pengguna merasa bahwa 1440p ideal untuk 27″ dan 4K UHD ideal untuk layar berukuran 32″, yaitu, jika Anda memiliki rig PC yang cukup kuat untuk game 4K, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Pertunjukan

Ada lima pengaturan overdrive waktu respons yang tersedia: Mati, Kualitas Gambar, Keseimbangan, Kecepatan, dan OD Cerdas.

Mode Mati menawarkan kinerja terbaik di seluruh rentang kecepatan refresh, tanpa jeda atau overshoot yang mencolok.

Jika Anda menggunakan layar Gigabyte M32U pada kecepatan refresh tetap 144Hz atau jika Anda menggunakan kecepatan refresh variabel (VRR) dan kecepatan bingkai Anda terus-menerus di atas 100FPS, mode Kualitas Gambar dapat sedikit mempercepat kinerja waktu respons piksel dengan biaya beberapa overshoot kecil.

Jadi, mode overdrive terbaik akan bervariasi tergantung pada preferensi Anda, kinerja dalam game, dan pengaturan lainnya, tetapi yang terpenting, Anda akan bisa mendapatkan pengalaman bermain game yang lancar dan cepat.

Ketika mode emulasi sRGB diaktifkan, overdrive menjadi terkunci ke ‘Smart OD’ yang tidak sebagus Mati atau Kualitas Gambar karena ada lebih banyak ghosting dan overshoot. Karena saturasi berlebih kecil pada monitor ini dan bukan masalah besar saat bermain game, kami sarankan untuk menghindari mode emulasi sRGB untuk game.

FreeSync Premium Pro didukung untuk gameplay bebas air mata hingga 144FPS, dan meskipun monitor tidak secara resmi disertifikasi oleh NVIDIA karena VRR ‘Kompatibel G-SYNC’ berfungsi tanpa masalah dengan kartu GeForce yang kompatibel.

Input lag tidak terlihat pada ~4ms, jadi Anda tidak akan dapat melihat adanya penundaan antara tindakan Anda dan hasilnya di layar. Pastikan Anda memiliki firmware terbaru yang diinstal untuk kinerja yang optimal.

Gaming Monitors ini juga mendukung Aim Stabilizer Sync, yang memungkinkan Anda menggunakan nyala lampu latar (Aim Stabilizer) secara bersamaan dengan VRR untuk meningkatkan kejernihan gerakan dengan artefak visual minimal – hanya kecerahan yang dikurangi.

Lampu latar bebas kedip (kecuali Aim Stabilizer/Sync diaktifkan) dan ada filter cahaya biru rendah terintegrasi. Gigabyte M32U memiliki sertifikasi Eyesafe baru, yang mengurangi emisi cahaya biru rendah yang berbahaya bahkan ketika tidak ada filter khusus yang diterapkan.

Satu hal yang perlu diingat tentang monitor IPS adalah IPS glow. Ini adalah kelemahan yang diharapkan dari teknologi ini yang ditandai dengan cahaya yang terlihat di sekitar sudut layar, tetapi dapat dikelola. Intensitasnya juga bervariasi di berbagai unit monitor.

Fitur

Menu OSD (On-Screen Display) diatur dengan baik dan mudah digunakan berkat joystick arah di bagian belakang monitor. Anda juga dapat melakukan penyesuaian di aplikasi desktop OSD Sidekick.

Anda akan menemukan banyak fitur game, termasuk Black Equalizer (meningkatkan visibilitas dalam pemandangan gelap), berbagai preset gambar (tiga mode kustom), overlay crosshair yang dapat disesuaikan, timer di layar, dan pelacak kecepatan refresh.

Fitur berguna lainnya termasuk Gambar dalam Gambar dan Gambar demi Gambar, Dasbor (memungkinkan Anda untuk melacak kinerja sistem PC di layar, seperti suhu CPU/GPU, penggunaan, dll.) dan alat penyesuaian gambar tingkat lanjut (gamma, getaran warna, ketajaman, Rona/saturasi 6 sumbu).

Ada juga sakelar KVM terintegrasi yang memungkinkan Anda menghubungkan dua perangkat ke layar dan menggunakan satu set keyboard/mouse untuk mengontrol keduanya.

Desain & Konektivitas

Dudukan monitor kokoh dan ergonomis dengan penyesuaian ketinggian hingga 130mm, kemiringan -5°/20°, putar +/- 30º, dan kompatibilitas pemasangan VESA 100x100mm.

Layar memiliki bezel ultra-tipis di bagian atas dan samping, dan menggunakan lapisan anti-silau matte ringan yang mencegah pantulan tanpa membuat gambar menjadi buram.

Opsi konektivitas termasuk DisplayPort 1.4 dengan DSC, dua port HDMI 2.1, port USB-C (dengan Mode Alt DP 1.4 dan Pengiriman Daya hingga 18W), dua speaker terintegrasi 3W, jack headphone, dan hub USB 3.0 (1 upstream + 3 pelabuhan hilir).

Perhatikan bahwa port HDMI 2.1 dibatasi hingga 24 Gbps dan menggunakan DSC (Display Stream Compression) untuk 4K 144Hz 10-bit color 4:4:4. Ini bukan masalah untuk konsol Xbox atau kartu grafis modern, namun, PS5 terbatas pada warna 4K 120Hz 10-bit dengan 4:2:0 bukannya 4:2:2 karena tidak memiliki DSC; kemungkinan besar Anda tidak akan menyadarinya dalam game.

Leave a Reply

Your email address will not be published.